Monitoring Tinta Menggunakan Ink Tool Di Linux

Suatu saat saya pernah memikirkan bagaimana caranya melihat sisa tinta di printer ya. Kemudian saya cari-cari di Synaptic Package Manager, lalu ketemu dengan yang namanya inkblot dan ink. Keduanya saya install,tapi sayangnya inkblot tidak mendeteksi printer yang saya gunakan yakni HP Deskjet F2276 (F2200 Series) , karena tidak mendeteksi printer saya, saya lalu mencoba ink dengan cara CLI (Command-Line Interface) menggunakan terminal Linux dan berhasil.

Caranya, nyalakan printer kemudian pasang kabel printer tersebut ke slot usb,tunggu beberapa saat. Masuk ke /dev/usb dengan cara ketik  " cd /dev/usb " (tanpa tanda petik) kemudian ketik " ls " (tanpa tanda petik) untuk melihat namanya, misal namanya adalah lp0 . Kemudian ketik di terminal " sudo ink -p usb /dev/usb/lp0 " (tanpa tanda petik), jika diminta memasukan password,masukan password Anda dan enter kemudian muncul jumlah persentase dari tinta di printer Anda.
cd /dev/usb
ls
sudo ink -p usb /dev/usb/lp0


  Selamat mencoba :)

Komentar