Screen Capture dan Audio Capture di Windows

Setelah sekian lama tidak menulis lagi di blog ini, kali ini saya akan menulis tentang merekam desktop komputer dan audio menggunakan aplikasi UScreenCapture dan Virtual Audio Capture.

UScreenCapture berguna untuk merekam kegiatan yang ada pada monitor desktop komputer. Aplikasi ini dapat diunduh pada laman website Unreal Media Server .

Virtual Audio Capture berguna untuk merekam suara  pada desktop komputer. Aplikasi ini membutuhkan JRE (Java Runtime Environment). Aplikasi ini dapat diunduh pada laman website Sourceforge dan kode sumbernya di github .

Setelah semua aplikasi diunduh, selanjutnya melakukan proses instalasi aplikasi. 
  1. Instalasi JRE (Java Runtime Environment).
  2. Ekstrak berkas zip UScreenCapture.
  3. Klik ganda pada setup installer UScreenCapture.
  4. Langkah ketiga selesai, kemudian klik ganda Virtual Audio Capture.
  5. Selesai.
Pada langkah instalasi urutan 2-4  dapat diubah urutannya sesuai keinginan, misalnya menginstalasikan Virtual Audio Capture terlebih dahulu  kemudian UScreenCapture

Untuk mulai merekam, pilih pada menu Windows → All Programs → Virtual Audio Capture Grabber → Record by clicking a start button. 


Options
Pada options, pilih video device  menjadi UScreenCapture dan audio device menjadi virtual-audio-capture atau microphone built-in yang ada pada komputer anda. Pilih tombol set options untuk memilih directory untuk menyimpan hasil rekaman. Pilih resolusi video sesuai keinginan dengan menggunakan tombol change.

Untuk memulai rekaman dengan menekan tombol start dan menghentikannya dengan menekan tombol stop.

Selamat mencoba.

Komentar