Memantau Harga Reksadana dan Transaksi Reksadana


Melanjutkan artikel sebelumnya, yakni Berinvestasi Reksadana Syariah di Paytren Aset Manajemen. Kali ini, saya akan membahas bagaimana memantau harga reksadana dengan menggunakan portal marketplace reksadana, bareksa dan menggunakan aplikasi buatan infovesta, serta bagimana melihat transaksi reksadana milik kita.

Memantau harga reksadana (NAB)
 
Bagi kamu yang sudah berinvestasi di reksadana pastinya ingin mendapatkan hasil yang memuaskan dalam berinvestasi, terutama dengan memantau harga reksadana yang sudah dibeli. Harga reksadana tiap harinya akan selalu berubah, karena mengikuti kondisi bursa atau instrumen yang digunakan untuk reksadana. Ada beberapa cara untuk memantau harga reksadana, saat ini saya lebih memilih memantau menggunakan portal bareksa, salah satu tempat dimana kamu bisa membeli reksadana dan juga memantau menggunakan aplikasi.
  • Memantau dengan portal Bareksa
Untuk memantau kamu bisa langsung mengunjungi portalnya ditautan ini, cek reksadana.


Untuk mencari nama reksadana yang ingin kita lihat bisa kita pilih di kolom sebelah kiri, untuk kasus saya, saya ingin memantau harga reksadana dari Paytren Aset Manajemen, maka saya harus set ke semua, jenis reksadana set ke Pasar Uang dan Saham, kemudian kategori syaiah, dana kelolaan set ke semua dan mata uang rupiah.

Searching Reksadana Paytren Aset Manajemen

RDS PAM Syariah Likuid Dana Safa

RDS PAM Syariah Saham Dana Falah
Kita bisa melihat return harian (dibanding dengan harga NAB awal), mingguan, 1 bulan, dan lainnya. 

  •  Memantau dengan aplikasi Tessa
Setelah kita sebelumnya menggunakan portal Bareksa untuk memantau harga NAB, pada cara selanjutnya kita akan memantau melalui aplikasi, yakni dengan aplikasi Tessa. Aplikasi ini dibuat oleh Infovesta.

Aplikasi ini saya dapatkan dari Google Playstore, jika ingin memasang aplikasi ini bisa melalui tautan berikut, Aplikasi Tessa.

Pada aplikasi tessa ini, kamu harus registrasi terlebih dahulu, kemudian login menggunakan email dan password yang sudah kamu registrasikan.

Nah dengan menggunakan aplikasi Tessa, kita bisa memantau langsung melalui gawai yang kita gunakan. Untuk harga NAB bisa dilihat pada esok hari. Misal untuk NAB tanggal hari ini (5 Maret 2018) bisa kamu lihat setelah pukul 23.59. NAB tersebut dipakai untuk harga esok (6 Maret 2018). 
Memantau transaksi reksadana melalui KSEI
Setelah kita memantau harga NAB, sekarang bagaimana cara untuk memantau transaksi kita melalui website KSEI. Kamu bisa membaca melalui pdf yang saya dapatkan dari website KSEI.



Nah, mudah bukan? Sekarang kamu bisa memantau reksadana kamu dimana saja kamu berada.

Disclaimer: Artikel ini tidak terafiliasi dengan manajer investasi yang disebutkan dan juga bukan untuk mengiklankan, artikel ini hanya tulisan pengalaman pribadi menggunakan produk yang disebutkan.

Komentar