Provinsi Jawa Tengah



PROVINSI JAWA TENGAH
"Prasetya Ulah Sakti Bhakti Praja"
(Berjanji akan berusaha keras dan setia terhadap negara)


Provinsi Jawa Tengah

Jawa Tengah adalah sebuah provinsi di Indonesia yang berada pada bagian tengah pulau Jawa. Provinsi Jawa Tengah di sebelah Utara berbatasan dengan Laut Jawa, disebelah Selatan berbatasan dengan Samudera Hindia dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, disebelah barat berbatasan dengan Provinsi Jawa Barat, dan di sebelah Timur berbatasan dengan Provinsi Jawa Timur .

KEUNIKAN

Bahasa

Beberapa daerah di Jawa Tengah memiliki keunikan tersendiri, misalnya dalam hal bahasa. Pada daerah Karisidenan Banyumas, masyarakatnya sering menggunakan bahasa yang agak berbeda dengan bahasa jawa yang umum. Namun, pada umumnya masyarakat jawa tengah sering menggunakan bahasa jawa yang umum digunakan sehari-hari. Pada bahasa jawa juga ada klasifikasinya ada bahasa jawa kasar dan bahasa jawa halus.
Berbagai macam dialek yang terdapat di Jawa Tengah :
 1. dialek Pekalongan
2. dialek Kedu
3. dialek Bagelen
4. dialek Semarang
5. dialek Pantai Utara Timur (Jepara, Rembang, Demak, Kudus, Pati)
6. dialek Blora
7. dialek Surakarta
8. dialek Yogyakarta
9. dialek Madiun

Aliran lokal

Di Jawa Tengah, ada sebuah aliran yang bernama aliran kejawen. Kata “Kejawen” berasal dari kata Jawa, sebagai kata benda yang memiliki arti dalam bahasa Indonesia yaitu segala yg berhubungan dengan adat dan kepercayaan Jawa (Kejawaan). Penamaan "kejawen" bersifat umum, biasanya karena bahasa pengantar ibadahnya menggunakan bahasa Jawa. Dalam konteks umum, kejawen merupakan bagian dari agama lokal indonesia. Kejawen dalam opini umum berisikan tentang seni, budaya, tradisi, ritual , sikap serta filosofi orang-orang Jawa. Kejawen juga memiliki arti spiritualistis atau spiritualistis suku Jawa. Ajaran-ajaran kejawen bervariasi, dan sejumlah aliran dapat mengadopsi ajaran agama pendatang, baik Hindu, Buddha, Islam, maupun Kristen. Gejala sinkretisme ini sendiri dipandang bukan sesuatu yang aneh karena dianggap memperkaya cara pandang terhadap tantangan perubahan zaman.

KEINDAHAN dan WISATA



1. ALAM

Pantai




Waduk




Resort




Agro




Panorama


Ketep Pass
Selo Baru



Air Terjun




Keajaiban Alam




Hutan Wisata




Taman Wisata




Bumi Perkemahan


Kajar
Mantingan


Goa


Putri Kencono
Kreo
Kriskendo
Trawang


2. BUDAYA

Candi




Sejarah




Museum






Kesenian - Wayang


Wayang Kulit Gagrag Banyumasan
Wayang Kulit Gagrag Banyumasan adalah jenis pertunjukan wayang kulit yang bernafas Banyumas. Lakon-lakon yang disajikan dalam pementasan tidak berbeda wayang kulit purwo, yaitu bersumber dari kitab Mahabarata dan Ramayana. Spesifikasi wayang kulit gagrag Banyumasan adalah terletak pada tehnik pembawaannya yang sangat dipengaruhi oleh latar belakang budaya masyarakat setempat yang memilik pola kehidupan tradisional agraris.

Wayang Kulit
Tokoh-tokoh dari wayang kulit biasanya adalah gambaran dari kisah-kisah klasik Ramayana dan Mahabaratha, yang mencerminkan gambaran kehidupan manusia. Kemampuan dalang adalah hal yang paling berperan. Terutama ketika memainkan penokohan wayang dari balik tabir dan memunculkan bayang bayang wayang, kemudian diiringi gamelan musik Jawa dengan balutan suara sinden semakin menyempurnakan pertunjukan. Fenomena seperti inilah yang menghasilkan sebuah pertunjukan mahakarya seni.

Wayang Bocah
Berbagai macam pertunjukan kesenian yang anda lihat di Solo belum lengkap rasanya sebelum melihat bertunjukan wayang bocah biasanya pernain wayang adalah orang dewasa namun seperti namanya, wayang ini dimainkan anak anak atau dalam bahasa jawa disebut bocah. Meskipun demikian kepiawaian mereka bermain tak kalah dengan wayang orang yang dimainkan orang dewasa. Bahkan selain melihat pertunjukannya. , juga dapat melihat latihannya dengan mengunjungi sanggar tari Wayang Bocah Suryo Sumirat di Mangkunegaran atau Meta Budaya di Kampung Baluwarti.

Wayang Orang Sriwedari

Wayang Orang berkembang sejak abad XVIII. Diilhami dari drama yang telah berkembang di Eropa, KGPAA Mangkunegoro I di Surakarta menciptakan Wayang Orang, bnamuiuntidak berkembang lama. pada saat Paku Buwono X membangun Sriwedari sebagai taman hiburan untuk umum dan diresmikan pada tahun 1899, diadakan pertunjukan Wayang Orang yang kemudian hidup sampai sekarang. Wayang Orang Sriwedari telah berjasa besar ikut serta melestarikan kebudayaan bangsa,yaitu seni wayang orang, seni tari, seni busana, seni suara serta seni karawitan.

WAYANG GOLEK MENAK
Dijaman penyiaran agama Islam masuk ke wilayah Pulau Jawa khususnya diwilayah Pantura Pulau Jawa mengalami hambatan ‑terutama diwilayah Kota Pemalang sebagian masyarakat banyak yang menganut agama Hindu. Karena daerah Pemalang merupakan tanah perdikan dari Kerajaan Majapahit.
Untuk dapat mempengaruhi ajaran‑ajaran Islam para sunan wali dan ulama syiar dengan menggunakan wayang sebagai medianya. Di Kabupaten Pemalang ada beberapa jenis wayang yang tumbuh dan subur diantaranya : wayang kulit, wayang kemprah, wayang tutur, wayang golek cepak, wayang golek badong, wayang golek menak.
Diantara wayang yang kami sebutkan di atas wayang kulit dan wayang golek menak yang mendapat hati di masyarakat. Untuk itu, kami mengangkat wayang golek menak sebagai kesenian unggulan
Bentuk wayang tak ubahnya dengan wayang golek di daerah kami, terbuat dari kayu, dengan wajah tiga dimensi yang menggambarkan tokoh ‑ tokoh pada masa dahulu yang bersumber dari tokoh legenda dan tokoh islam.
Cerita mengambil dari dua sumber, bisa menceritakan ajaran ‑ ajaran Islam dan cerita ‑cerita daerah setempat , tinggal menurut apa keinginan masyarakat atau kehendak yang punya hajat ataupun panitia.

Ke Khasan Wayang Golek Menak
Cerita daerah setempat dengan cerita yang tidak dimiliki daerah lain.
Gending. Gending iringan adaiah gending cengkok khusus daerah setempat Pernalangan Yang tidak di ajarkan di pawiyatan seperti iringan wayang kulit misainya.
Sastra dan Sabet. Sastra kadang muncul dengan khas wayang golek menak serta sabet atau gerak Wayang golek.








Ketoprak Balekambang
Ketoprak Balekambang sudah ada sejak tahun 1950, namun gedungnya sudah ada semenjak tahun 1977. Dinamakan "Tobong" karena tempat pertunjukannya selalu berpindah pindah dari satu tempat ke tempat lain dengan mendirikan panggung darurat. Lalu pada tahun 1989 menggunakan gedung yang tersedia sudah tidak dipakai lagi untuk mengadakan pertunjukan tetap sehingga tidak berpindah pindah lagi. Hingga jumlah anggota dari komunitas Ketoprak Tobong kurang lebih 70 orang.

Dari tempat ini pula telah ter kolompok kethoprak humor Srimulat dan artis arts lawak seperti Gepeng, Timbul, Basuki dan masih banyak lagi. Hampir setiap malam Ketoprak ini sealu mengadakan pertunjukan. Pertunjukan dimulai dari pukul 20.30 sampai dengan pukul 23.00 atau lebih. Harus diakui kepiawaian / kemampuan mereka bermain, bernyanyi menguasai peran memang luar biasa, bahkan sempat mendapat beberapa penghargaan tingkat nasional bahkan pengakuan internasional.

Mereka bahkan tidak perlu melakukan latilhan panjang sebelum pentas, hanya perlu waktu dua jam sebelum pertunjukan dimulai untuk melakukan bedah naskah yang bertujuan untuk membagi peran. Di saat itulah sang sutradara mengarahkan cerita yang akan di tampilkan. Harga satu tiket adalah Rp 2.500,00 Rp 3.000,00. Dengan fasilitas seadanya dan sangat sederhana anda dapat menikmati suguhan kethoprak klasik jawa yang nilai berseni tinggi.









Kerajinan & Cinderamata


Ada bermacam-macam produk kerajinan yg dapat anda jumpai di
Jawa Tengah misalnya :

• Batik








Bagian yang sangat umum dalam budaya Jawa. Batik Jawa adalah yang terbaik didunia. Pusat batik dapat dijumpai di Pekalongan, Surakarta (Solo), Lasem (Rembang) dll.


• Lurik
Lurik adalah anyaman tekstil. Tekstil tersebut diproduksi dengan menganyam kain Sarong untuk kain lapisan, seprei, kain penutup dinding, dan pakaian. Lurik dapat anda temukan di desa Troso, yang dikenal dengan Lurik Troso di kabupaten Jepara dan Kabupaten Klaten.

• Wayang Kulit








Wayang kulit merupakan kerajinan yang terkenal dan seni artistik yang tinggi. Dibuat dari kertas kulit yang kemudian di hias, di cetak dan disepuh dengan gabungan yang sangat manis dengan ukiran kulit berkelok-kelok.
Kunjungilah Surakarta (Solo), Sukoharjo, Klaten, Wonogiri, Sragen, dan Boyolali jika anda ingin melihat bagaimana para seniman-senimannya bekerja membuat wayang kulit ini.

• Ukiran Kayu








Jepara terkenal hingga mancanegara sebagai pusat kerajinan ukiran kayu. Walalupun tidak sebesar Jepara anda juga dapat menemukan ukiran kayu di Klaten dan Surakarta. Para seniman lebih suka mengukir kayu jati dan menjadikannya perkakas rumah tangga, papan hiasan untuk dinding atau pintu, bermacam-macam patung dengan berbagai ukuran, mangkuk atau kotak perhiasan.

• Ukiran Batu
Di jalan utama menuju Muntilan / Yogyakarta dari Borobudur atau Magelang, sekumpulan arca batu diproduksi secara klasik, dijadikan hiasan taman.

• Kerajinan Logam








Produk ini meliputi peleburan besi, kuningan , tembaga dan perak untuk memproduksi lampu duduk, vas, gong mini, lukisan timbul, peralatan rumah tangga dll.
Industri ini dapat anda temukan di Juwana ( Pati ), Boyolali, Temanggung, Rembang, Sukoharjo, dimana sebagian para pengrajin tembaga bekerja.

• Kerajinan Keramik








Kerajinan tangan keramik dapat anda jumpai di kecamatan Klampok kabupaten Banjarnegara,

Masakan Khas

Masakan Khas Solo

Tengkleng

Tengkleng adalah masakan yang mirip dengan gulai hanya saja didalamnya berisi tulang kambing dengan sedikit daging yang menempel. Sebagai lauk pelengkap, dapat ditambah dengan sate kambing, sate usus, sate jeroan, dan bagian lainnya pada organ kambing yang ikut digulai bersama tulang tulang seperti mata, pipi, kuping dan kandungan (klepon).

Nasi Liwet

Nasi yang dimasak dengan santan, ditambah sayur sambal goreng jipan dan disempurnakan dengan kumut (terbuat dari santan dan rasanya sangat gurih). Biasanya ditambah ayam kampung dan telur, membuat masakan ini memikat dan menjadikannya hidangan khas Soo yang pertarna dicari dan dirinndukan.

Bestik Solo


Berbeda dengan bestik pada umumnya. Bestik Solo memiliki khas tersendiri. Kuah dari bestik ini serupa dengan kuah semur, selain itu bestik ini menggunakan mustard jawa yang merupakan olahan sendiri. Sedangkan untuk bahan lainnya tak berbeda dengan bestik biasa, ada wortel, buncis, dan timun didalamnya. Hanya saja karena bumbu yang berbeda anda akan menemukan cita rasa khas yang berbeda pula.

Gudeg Cakar

Seperti halnya nasi gudeg manis khas Solo yang ada, rasa masakan inj tak jaub beda. Namun dengan ditambah cakar ayam yang sangat empuk dan nasi yang gurih menjadikan hidangan ini berbeda. Bahkan orang rela antri untuk membelinya.

Sate Kere

Namanya yang unik tak berbeda pula dengan rasanya. Pada dasarnya pembuatan dan bumbu sate ini sama dengan sate pada umumnya. Hanya saja sate ini bahannya bukan berasal dari daging namun dari tempe gembus (ampas tahu yang direbus). Maka tak heran sate ini diberi nama sate kere.

Timlo Solo

Istilah Timlo Solo tentu bukan hal yang asing lagi, terutama bagi anda yang gemar traveling. Masakan ini sekilas bumbunya mirip sup namun isi dan rasanya sangat khas. Hidangan yang terdiri atas racikan soun, jamur kuping, wortel, kacang kapri, kembang gayam/sosis jawa dan terakhir disiram kuah hangat menjadikannya sangat lezat untuk dinikmati.

Pecel

Masakan ini bisa dibilang merupakan masakan kampung yang sederhana namun masih selalu dirindukan. Bagaimana tidak, hidangan ini hanya terdiri dari bayam, kacang panjang, tauge dan kenikir yang direbus dan ditambah bumbu kacang. Bila diperhatikan semua bahan yang digunakan mudah dicari dan diolah. Namun bila anda sudah mencicipi, rasa nikmat sebenarnya dapat anda temukan pada burnbu kacang yang diolah secara khusus. Sehingga sering kali banyak wisatawan yang ingin membawa bumbu pecel ini sebagai oleh oleh.

Cabuk Rambak

lsi dan hidangan ini sekilas tampak sederhana. Berupa ketupat yang diiris tipis tipis dan diberi bumbu diatas setiap potongan ketupatnya kemudian ditambah karak sebagai pelengkap. Namun jangan terkelut bila setelah mencicipinya anda menjadi ketagihan.

Intip

Makanan ini terbuat dari bahan yang berasal dari kerak nasi yang kemudian dikeringkan dan digoreng (intip). Perpaduan rasa intip dengan gula jawa cairnya yang melekat pada intip memberikan sentuhan rasa manis yang menggoda, atau bumbu yang lain, membuat rasa intip menjadi gurih dan renyah untuk camilan.

Sate Buntel

Sate adalah makanan lezat yang popular diseluruh nusantara. Begitu pula di Solo, anda akan menemui berbagai jenis sate. Ada sate ayann, sapi, ular, anjing dan babi. Namun sate yang paling terkenal adalah sate buntel. Sate ini berbahan dasar daging kambing, hanya saja dagingnya dicincang dan dibuat satu adonan besar lalu dibakar/dimasak. Maka tak heran selain porsinya yang besar rasanya pun lebih mantap.

Wedang Ronde

Minuman hangat ini terbuat dari jahe dan gula merah. Kemudian didalamnya terdapat kacang tanah, kolang kaling yang di iris tipis dan adonan manis yang didalamnya terdapat kacang. Bukan hanya rasanya yang enak dan menghangatkan, namun sajian hidangan ini juga tampak memikat.

Dawet Gempol Pleret

Seperti namanya, minuman ini berisi gempol dan pleret. Gempol terbuat dan sejenis tepung beras. Sedangkan pleret terbuat dari ketan dan gula merah. Gempol dan pleret merupakan perpaduan antara rasa gurih dan manis, kemudlan diberi kuah santan dan gula merah. Dengan ditambah es menjadikan minuman ini terasa semakin segar.

Wedang Beras Kencur

Dibuat dari bahan beras dan kencur yang diolah menjadi minuman. Selain rasanya yang manis dan enak minuman ini juga dapat menjadt jamu yang berguna untuk kesehatan.

Wedang Jahe

Dengan kemampuan sipembuatya dalam mengolah dan meracik menjadikan wedang jahe ini begitu diminati. Minuman ini selain enak juga dapat menghangatkan tubuh, maka anda akan mudah mejumpainya pada malam hari.

Karak
Sejenis kerupuk yang terbuat dan bahan baku beras yang diolah menjadi nasi yang kemudian dikeringkan dan digoreng. Rasanya gurih, biasa digunakan untuk teman santapan soto,sayur lode dan sayuran lainnya.

Rambak Udel
Sama seperti fungsi kerupuk sebagai pelengkap, makanan rambak ini juga demikian adanya. Namun bahan baku rambak ini adalah dari kulit sapi. Makanan Ini dapat diperoleh di pusat oleh-oleh khas Solo.

Srabi Notosuman

Makanan ini terbuat dari bahan tepung beras yang dibuat sedemikian rupa dalam mengolah dan menjadikan Srabi ini begitu diminati. Bahkan dapat dikatakan makanan ini di minat banyak kalangan atas maupun bawah. Makanan ini selain enak juga dapat sebagai pengganti makanan pokok. Anda dapat mudah menjumpai makanan ini di sepanjang kota Solo, siang ataupun malam.




Masakan Khas Tegal


Soto (Sauto) Tegal
Soto (Sauto) Tegal merniliki citra rasa tersendiri jika dibandingkan dengan soto daerah lain karena adanya burnbu tauco di dalarnnya. Tauco yang berbahan dasar permentasi kacang kedele inilah yang membedakan citarasa Soto Tegal, lebih asin, gurih dan sedap. Dibandingkan dengan kecap juga menjadi bumbu pelengkap, tekstur tauco lebih kasar dan terasa kacang kedelainya.

Sate Tegal

Sate kambing khas Tegal sudah memiliki brand tersendiri. Agar empuk dan gurih, daging kambing biasanya dibungkus daun pepaya. Kambing yang digunakan juge belum berumur 1 tahun sehingga ada istilah Sate Balibul (bawah lima tahun). Meski hanya disajikan dengan sambal kecap, bawang merah dan tomat rasa sate Tegal tetap "maknyus". Jalan Kapten Sudibyo menjadi pusat Warung Sate Tegal sejak jaman H. Sakya mulai berjualan. Kini usahanya dilanjutkan oleh keturunannya. Disamping sate kambin, ada beberapa jenis masakan berbentuk sate lainnya seperti : sate bukur yang terbuat dari kerang, sate bebek majir (itik non-produktif), sate blengong (unggas blasteran itik dan menthok) serta sate sadel (sate kulit)

Kupat Glabed
Kekurahan Randugunting menjadi ikon kuliner kupat glabed Tegal. Dinamakan kupat glabed karena kuah terbuat dari campuran rempah dan santan yang sangat kental, membuat sayur kupat menjadi ngglabed, gurih dan manis. Biasanya Kupat Glabed disajikan bersamam Sate Bukur atau Sate Sadel. Kelurahan Sumurpanggang memiliki jenis lain, yaitu Kupay Blegong. Kuah sayurnya lebih bening dan biasanya disajikan bersama Sate Blengong atau Sate Bebek Majir. Pedagang Kupat Blengong biasa mangkal di pinggir persawahan Jalan Sawo Barat dan Tegalsari.

Ponggol
Kalau di Kota lain ada sega liwet, sega kucing, di Tegal ada Ponggol. yakni sega liwet yang penyajiannya dibungkus daun pisang dengan lauk yang sederhana sambal goreng tempe. Ponggol Setan merupakan brand baru kuliner Tegal sebagai pengembangan ponggol Tegal. Sebutan "Setan" diberikan karena pedagang nasi khas Tegal ini hanya berjualan rnalarn harl. Meski berdagang dalarn gang di jalan AR Hakim, Kelurahan Kejambon, Ponggol Setan tetap diburu. Kini ponggol jenis ini mudah ditemui di jalan jalan Kota Tegal. Sebetuinya Ponggol Setan sama penyajiannya dengan Ponggol Tegal hanya nasi lauk sambel goreng tempe,ditambah telur, ikan asin, tahu, tempe mendoan atau krupuk.

TahuAci
Masyarakat Tegal sering menyebut Tahu Siwil (rerneh), tetapi jangan diremehkan rasa tahu aci khas Kota Tegal. karena makanan kecil ini menjadi jajanan oleh oleh yang ngangeni karena gurihnya. beda dengan tahu dari daerah lain. Tahu Murni Jalan Diponegoro merupakan tempat jajanan Tahu Aci Tegal yang cukup terkenal.

Latopia
Kue ini mirip bakpia, berukuran besar, terbuat dari terigu dan memiliki bermacarn isi dan rasa; kacang hijau, nanas, buah, susu, bawang clan durian. Latopia dikatakan khas jajanan Tegal karena hanya dibuat dan dijual di Tegal. Pelaku bisnis Latopia kebanyakan warga etnis Tionghoa yang dijalankan secara turun ternurun. Pabrik Latopia terpusat di jalan Paweden, dan salah satu yang terkenal adalah milik Ny. Liao.

KacangAsin
Kacang asin Tegal terbuat dari kacang tanah yang di oven atau digoreng klitik (menggunakan pasir). Kacang asin Tegal juga khas karena digoreng tanpa minyak sehingga rendah kolesterol Kelurahan Debong Kecarnatan Tegal Selatan adalah sentra produksi kacang asin.

Lengko
Meski tampilannya tidak begitu atraktif, bahkan mirip gado gado, makanan ini menjadi favorit Warteg di Jakarta. Nasi Lengko adalah paduan dari tahu Tegal, kecambah, kol dengan bumbu sambal kacang serta kecap yang menjadi lauk nasi. Kekuatan citra rasa Lengko ada pada sambal kacang. Jalan Setia Budi Kota Tegal merupakan tujuan wisata kuliner yang tepat untuk mencari nasi Lengko.



Masakan Khas Banyumas








Biasanya wisatawan setelah mengunjugi obyek wisata ingin membawa oleh-oleh atau souvenir. Kabupaten banyumas mempunyai banyak makanan khas seperti nopia, getuk goreng, soto Sokaraja, kripik, mendoan, jenang jaket, sate bebek dan aneka jajanan lainnya.




Berikut adalah
makanan khas yang terdapat di Jawa Tengah, menurut kabupaten/kota:
Gudeg

* Purwodadi: swikee, nasi becek, kecap, sale pisang
* Banjarnegara: dawet ayu, buntil
* Semarang: Lunpia/lumpia, soto ayam, sate sapi, bandeng presto, nasi goreng babat, ayam goreng kraton tulang lunak, kue-kue pia, sate kambing bumbu kecap, martabak malabar, kue bandung, tahu petis, tahu gimbal, wingko babat
* Boyolali: marning (jagung goreng), paru goreng, brem cap suling gading, krupuk rambak
* Blora: Sega Pecel, sate ayam blora, soto ayam blora, tahu campur
* Brebes: telor asin, sate kambing (di Tanjung. Brebes hingga kini dikenal sebagai sentra penghasil bawang merah
* Demak: nasi garang asem, sambel blimbing wuluh, kwaci (Demak pernah terkenal sebagai sentra penghasil semangka)
* Jepara: es gempol (es pleret), rondo royal (tape goreng), klenyem (ketela parut goreng isi gula merah), kuluban (urap: nangka muda, kacang panjang dan daun mudanya, tauge/kecambah mentah, buah petai cina mentah), pecel ikan laut bakar dengan sambal santan kelapa, sate udang, terasi jepara, tempong (blenyik) ikan teri, durian petruk
* Klaten: ayam goreng kalasan, bebek goreng, emping mlinjo
* Kudus: soto ayam, sate kerbau, lentog, dodol, jenang kudus, madu mongso
* Pati: nasi gandul, sate ayam,
* Pekalongan: nasi gandul, soto tauco (tauto), nasi megono
* Pemalang: nasi grombyang, lontong dekem, sate loso
* Purwokerto: tempe mendoan, gethuk goreng, soto sokaraja / sroto sokaraja, nopia
* Purworejo: kue lompong, clorot (semacam dodol yang dibungkus daun kelapa secara memilin), gebleg (baca ge- seperti e pada kata senang dan -bleg seperti e pada kata becek), kue satu, dawet hitam, lanting
* Purbalingga: rujak kangkung, tahu gecot, soto kriyik, es duren, klanting
* Rembang: bandeng duri lunak (di Juwana), sirup kawis-ta
* Salatiga: bakso urat, bakso babat, kripik paru, ting-ting gepuk
* Solo: gudeg, sate kambing, thengkleng, srabi solo, nasi liwet, timlo solo, racikan salat, krupuk karak/gendar, bakso popular ukuran bola golf, tahu acar, sayur tumpang
* Sragen: nasi garang asem, sate sragen,
* Sukoharjo: welut goreng
* Tegal: "teh poci" (teh yang diseduh dalam poci tanah liat kecil dan diminum dengan gula batu), sate tegal (sate kambing muda khas Tegal), sate bebek majir, pilus, krupuk antor, nasi bogana (nasi megono), Sauto (soto ayam/babat khas Tegal dengan bumbu tauco). Tegal hingga saat ini dikenal sebagai sentra penghasil teh.
* Wonogiri: gaplek, tiwul
* Wonosobo: mie ongklok, sagon, tempe kemul, geblek, wedang ronde, manisan carica, keripik jamur, dendeng gepuk
* Ungaran: tahu baxo, sate kempleng, krupuk bakar












Nilai Budaya




Jawa Tengah terdiri dari 3 (tiga) lingkungan budaya, yaitu Lingkungan budaya Pesisir, Lingkungan budaya Bagelan – Banyumas, dan Budaya Kraton, dengan pelestarian budaya antara lain Upacara :Tingkeban, Brokohan, Puputan, Selapanan, Tedhak Siten, Ruwatan, Bersih Desa, Siraman Pusaka, Nyadran, dan Sedekah Laut.
Jawa Tengah memiliki peninggalan budaya antara lain : Candi Borobudur, Mendut & Pawon, Dieng, Gedongsongo, Prambanan.

Filsafat hidup masyarakat :

Ojo dumeh, untuk mengendalikan diri agar tidak sombong misalnya ojo dumeh gek kuwoso (baru dikaruniai kekuasaan), ojo dumeh sugih (baru dikaruniai kekayaan), ojo dumeh wong pangkat (baru dikaruniai jabatan), dsb.

Mulad Sariro Hangrosowani, manusia harus mau dan mampu untuk berinstropeksi diri agar dalam melaksanakan kehidupan sehari - hari tidak keliru.

Surodiro Joyoningrat Lebur Dening Pangastuti, semua kejahatan dan keburukan itu akan hancur oleh kebaikan.

Alon-alon waton kelakon, semua yang akan dikerjakan harus diperhitungkan secara cermat dan berhati - hati, tldak tergesa - gesa agar dapat sesuai dengan cita-cita dan rencana semula.












Sumber bacaan:
http://www.jatengprov.go.id/?mid=tentang
http://id.wikipedia.org/wiki/Jawa_Tengah



Komentar