Sir Timothy Berners-Lee, Penemu World Wide Web



Berners-Lee adalah "inventor besar" bidang teknologi informasi yang memungkinkan setiap orang di seluruh dunia bisa berselancar di dunia maya dengan mengetik www, untuk setiap alamat situs yang ingin mereka tuju saat berselancar di dunia maya.

Sir Timothy Berners-Lee lahir di London,Inggris, 8 Juni 1955. Beliau yang biasa dipanggil dengan "Tim-BL", adalah seorang insinyur dan ilmuwan komputer Inggris. Beliau adlaha salah satu seorang Profesor Massachusetts Institute of Technology (MIT) berkat penemuannya itu,WWW. Beliau menyampaikan proposal penemuannya itu pada Maret 1989 dan setahu kemudian menulis Software Web untuk pertama kali. Dibantu oleh Robert Cailiau, ilmuwan komputer Belgia dan beberapa mahasiswa muda di CERN ( Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir). Beliau sukses menerapkan hasil penemuannya itu pad 6 Agustus 1991, dimana saat itu terjadi komunikasi antar client HTTP dengan server melalui internet. HTTP merupakan fondasi data komunikasi untuk World Wide Web yang ditemukannya. Pada tanggal tersebut juga lahirlah alamat situs web pertama di CERN dengan alamat http://info.cern.ch/hypertext/www/theproject.html, yang sekarang menjadi http://info.cern.ch/ . Berkat temuannya tersebut manusia tersambungkan satu sama lainnya dengan mudah dan murah melalui internet .

Berners-Lee, pada 1999 dinobatkan oleh majalah Time sebagai "100 Most Important People of the 20th Century". Sir Timothy Berners-Lee, lahir dari orangtua yang juga ilmuwan. Ayahnya, Conway Berners-Lee adalah matematikawan dan ilmuwan komputer yang mengembangkan Ferranti Mark I, program komputer komersial pertama pada tahun 1951. Mary Lee Wood, ibunda Sir Timothy Berners-Lee adalah matematikawan dan ilmuwan komputer yang sama-sama menggarap Ferranti Mark I.

Berkat penemuannya,
pada 2004 Timothy Berners-Lee dianugerahi Millenium Technology Prize oleh Pemerintah Finlandia dan hadiah 1 juta euro (Rp 15 Miliar) yang diserahkan oleh Presiden Tarja Halonen. Pada tahun tersebut juga, Timothy Berners-Lee dianugerahi gelar " Sir " dari Kerajaan Inggris oleh Ratu Elizabeth II. Sir Timothy Berners-Lee, juga mendapatkan gelar doktor honoris causa dari berbagai universitas ternama di dunia.

Sumber bacaan: Harian Kompas Edisi Kamis,30 September 2010.

Komentar