Membuat Program dengan Menggunakan Hash di Ruby

Source Code

n=gets.to_i bulan={1=>"january",2=>"february",3=>"march",4=>"april",5=>"may",6=>"june", 7=>"july",8=>"august",9=>"september",10=>"october",11=>"november",12=>"december" } jumlahhari={"january"=>31,"february"=>28,"march"=>31,"april"=>30,"may"=>31,"june"=>30, "july"=>31,"august"=>31,"september"=>30,"october"=>31,"november"=>30,"december"=>31 } zodiak={"january"=>"capricorn","february"=>"aquarius","march"=>"pisces","april"=>"aries", "may"=>"taurus","june"=>"gemini","july"=>"cancer","august"=>"leo","september"=>"virgo", "october"=>"libra","november"=>"scorpio","december"=>"sagitarius" } puts "jumlah hari bulan anda adalah:",jumlahhari[bulan[n]],"hari" puts "zodiak anda adalah:",zodiak[bulan[n]]


LOGIKA PROGRAM :
Pada program zodiak, n dideklarasikan sebagai variable yang nilainya berdasarkan inputan. Variable bulan, jumlahhari, dan zodiak adalah variable yang digunakan untuk hash. Puts adalah perintah di dalam bahasa Ruby yang digunakan untuk mencetak dan perintah gets.to_i digunakan untuk melakukan input data berupa integer.
Pertama kali program dijalankan, program akan meminta input data. Selanjutnya, nilai variable n dimasukkan ke dalam variable bulan yang kemudian di check ke hash dari variable bulan , jika sudah sesuai maka langsung masuk ke variable jumlahhari, jika sudah sesuai juga maka langsung perintah selanjutnya . Untuk menentukan zodiaknya, nilai variable n masuk ke variable bulan setelah sesuai, langsung masuk ke variable zodiac.
Output:

Komentar