Kamis, 10 Maret 2011

Defense Advanced Research Projects Agency

Apa itu DARPA?


(1)DARPA adalah suatu badan atau lembaga dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang bertanggungjawab untuk riset dan pengembangan teknologi baru bagi militer. Sebelumnya DARPA bernama ARPA yang didirikan pada Februari 1958 berdasarkan hukum publik 85-325 dan instruksi 5105.15 dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat kemudian mengalami perubahan nama beberapa kali yang kemuadian menjadi DARPA, perubahan nama pertama kali terjadi pada Maret 1973, perubahan kedua terjadi pada Februari 1993 dan yang ketiga terjadi pada Maret 1996.


Dari tahun 1958-1965, ARPA memfokuskan pada masalah-masalah nasional Amerika Serikat, termasuk didalamnya ruang angkasa, pertahanan rudal balistik, dan nuklir. Pada 1960, DARPA memisahkan semua proyek sipil ruang angkasa dengan proyek militer ruang angkasa. Untuk proyek sipil ruang angkasa dialihkan ke badan antariksa nasional Amerika (NASA). Dari tahun 1976-1981, DARPA memfokuskan pada teknologi di darat, laut, udara, dan ruang angkasa.


(2)Model Referensi DARPA


Model Referensi DARPA adalah sebuah referensi protokol jaringan yang digunakan oleh protokol TCP/IP yang dibuat oleh DARPA. Model referensi ini mirip dengan OSI Reference Model, di mana setiap lapisan yang ada di bawah menyediakan layanan untuk lapisan yang berada di atasnya, dan lapisan yang ada di atas menggunakan layanan untuk lapisan yang ada di bawahnya.


Berbeda dengan OSI Reference Model yang memiliki tujuh lapisan, model referensi ini hanya memiliki empat lapisan, yakni lapisan aplikasi (application layer), lapisan antar host (host-to-host layer), lapisan internetwork (internetworking layer), dan lapisan antarmuka jaringan (network interface layer). Keempat lapisan tersebut secara umum kompatibel dengan model referensi OSI, meski tidak dapat dipetakan dengan sempurna. Lapisan sesi dalam model referensi OSI, sebagai contoh, tidak dapat dipetakan secara langsung dengan DARPA Model. Selain itu, beberapa protokol juga "keluar jalur" dengan menggunakan lebih dari satu lapis.Model ini dinamai begitu mengingat badan yang mengembangkan TCP/IP adalah DARPA (United States Defense Advanced Research Project Agency) pada kisaran dekade 1970-an dan 1980-an. Disebut juga sebagai TCP/IP Model, atau Internet Model.




Sumber:

http://en.wikipedia.org/wiki/Defense_Advanced_Research_Projects_Agency

model referensi darpa di wikipedia bahasa indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar