CARA PENGATURAN OGRE DENGAN IDE NETBEANS DI LINUX UBUNTU


Bahan-bahan yang diperlukan dalam melakukan pengaturan ini adalah:
  1. Distro Linux Ubuntu yang telah terpasang di komputer atau notebook Anda.
  2. IDE Netbeans (versi yang saya gunakan saat membuat tutorial ini, versi 7.0.1)
  3. Plugin C/C++ untuk IDE Netbeans.
  4. CMAKE (yang saya pergunakan saat membuat tutorial ini adalah CMAKE versi 2.8.2), jika di komputer /notebook Anda ada yang lebih baru itu lebih bagus.
  5. SDK OGRE
  6. Clean ogre cmake project

Pertama, pasang IDE Netbeans pada komputer atau notebook Anda. Setelah terpasang, lalu buka IDE Netbeans yang telah terpasang pada komputer atau notebook Anda. Jika Anda belum punya IDE Netbeans, Anda dapat mengunduhnya secara gratis di situs netbeans, klik disini (direkomendasikan  pilih yang All).





Kedua, pasang plugin C/C++ untuk netbeans, caranya klik Tools > Plugins > pilih tab Available Plugins > Pilih C/C++ > klik Install > jika keluar pilihan EULA pilih saja yes agree > kemudian Accept , tunggu sampai prosesnya selesai. Jika sudah selesai, pilih restart jika muncul pemberitahuan untuk restart.





Ketiga, Sekarang kita akan pergi ke Synaptic Package Manager,untuk ke sana klik Main Menu > System > Administration > Synaptic Package Manager. Setelah terbuka kemudian cari cmake dan install.  



Kemudian setting path cmake yang sudah diinstal di IDE Netbeans, buka Netbeans klik Tools > Option > muncul dialog pilih tab C/C++ > lihat pada bagian tab Build Tools > Cmake command > klik pada tanda " .... " di samping field yang kosong, kemudian cari cmake > jika selesai klik OK. (Lihat pada gambar di bawah).




Keempat, Mengunduh SDK OGRE (untuk mengunduhnya saya menggunakan PPA OGRE) . PPA Ogre ini hanya untuk Ubuntu 10.04 LTS codename Lucid Lynx, 10.10 codename Maverick Meerkat ,11.04 codename Natty N ,dan 11.10 Oneiric OCaranya:

1. Buka Command Line atau konsol
2. Ketik di konsol, dengan mengetikan: sudo add-apt-repository ppa:ogre-team/ogre .
3. Update repositori Anda, dengan mengetikan: sudo apt-get update .
4. Install paket libogre-dev, dengan mengetikan: sudo apt-get install libogre-dev .
sudo add-apt-repository ppa:ogre-team/ogre
sudo apt-get update 
sudo apt-get install libogre-dev 
Kelima, unduh file clean_ogre_cmake_project.zip, disini. Kemudian ekstrak file zip tersebut. Setelah diekstrak,masuk ke folder hasil ekstraksi tadi , lalu masuk ke folder dist > bin ,lihat gambar di bawah:





Buka file plugins.cfg dengan menggunakan text editor yang Anda sukai. Kemudian ubah path pluginnya. Dari PluginFolder=/usr/local/lib/OGRE menjadi PluginFolder=/usr/lib/OGRE ,lihat dibagian #Define Plugin Folder, Setelah diubah lalu simpan.





Keenam, buat folder (nama folder terserah Anda), kemudian salin (copy) semua berkas yang ada di folder hasil ekstraksi (dimana ada file plugins.cfg yang berada di folder dist/bin telah di ubah path plugins-nya seperti di langkah kelima) ke folder yang baru Anda buat, (folder yang saya buat cobaogre). Folder yang tadi Anda buat yang telah berisi berkas dari hasil ekstraksi disalin (copy) ke dalam folder proyek netbeans (defaultnya ada di /home/nama_user/NetBeansProjects), lihat gambar di bawah. 



Ketujuh, Kita kembali ke IDE Netbeans, kemudian buat project, caranya klik File > New Project > muncul dialog, dibagian Categories pilih C/C++  dan dibagian Projects pilih C/C++ Projects with Existing Sources > next > muncul dialog lagi , klik dibagian Browse... > muncul dialog untuk mencari berkas yang telah kita paste tadi, setelah dipilih > Select > Finish. Akan ada proses saat mengambil dari source tadi , jika muncul pemberitahuan (ada tanda i pada statusbar di bawah) error seperti pada gambar di bawah,lakukan parser project, caranya klik kanan pada project Anda > code assistance > parser project, setelah itu lakukan clean and build dengan cara klik kanan pada projects Anda > Clean and Build.










Buka Command Line / console, masuk ke folder projects dimana anda menyimpannya, kemudian ketik di console : make && make install .

make && make install



Klik kanan pada OgreApp_d yang berada di folder dist/bin > pilih run > muncul dialog  seperti gambar di bawah > pilih run.







Setelah di setting, pilih accept nanti akan muncul window ogre seperti gambar di bawah, sampai di sini Anda telah sukses.




Selamat Mencoba :)

Catatan:
* Distro Linux yang saya gunakan adalah Linux Mint 10 based Ubuntu 10.10 .

Sumber  referensi:








Komentar

  1. wow,,your post very useful to me as a newbie in linux,ehehe,,and i use 10.04 too for linux,ehehe so i can be try this tutorial soon,thank you rublog,ehhehe

    BalasHapus
  2. Ok. Let's try it. :) good bro.

    BalasHapus
  3. yang di windows dund ... ini agak membingunkan di windows nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum nyoba yang di windows, mungkin bisa dilihat cara instalasinya di http://www.ogre3d.org/tikiwiki/

      Hapus
  4. Thank's Infonya. udah succesful nih... :D

    BalasHapus

Posting Komentar