Model Grafik

Suatu saat kita sangat memerlukan sebuah gambar, bisa berupa garis, titik, warna maupun bentuk atau gabungan dari garis, titik, warna maupun bentuk itulah yang menjadi sebuah model grafik. Model grafik bagi banyak orang sangat berguna, terutama bagi orang yang bekerja di bidang animasi , akuntansi, dan di bidang lain yang menggunakan grafik, sehingga tampilannya dapat dilihat dan bisa dimengerti oleh penggunanya . Banyak tool-tool  atau aplikasi yang dapat digunakan untuk membuatnya, misalnya AutoCAD, ArchiCAD, Blender , Adobe Photoshop, GIMP ,OGRE , dan masih banyak lagi apalikasi yang dapat digunakan untuk membuatnya.

Blender 

Blender adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat sebuah model 3D yang berlisensi GNU/GPL  dan bisa diunduh secara gratis di situs resmi blender .Banyak hasil sudah dibuat menggunakan aplikasi ini, ada game 3D seperti Yo! Frankie dan beberapa film animasi pendek seperti Sintel, Big Buck Bunny, dll  . Anda juga berkontribusi  dengan mendonasikan uang atau dengan membeli produknya. 

GIMP (GNU Image Manipulation Program)

Gimp adalah aplikasi yang mirip dengan Adobe Photoshop, aplikasi ini digunakan untuk menggambar 2D , selain menggunakan alat-alat yang ada di panel tools , menggambar di aplikasi ini juga dapat dengan menggunakan skrip program yakni Script-Fu. Gimp bisa Anda unduh secara gratis di situs gimp dan Anda juga bisa berkontribusi dengan melakukan donasi. 

Kegiatan yang Terkait dengan 
Grafik Komputer

Pemodelan geometris: menciptakanmodel matematika dari objek-objek 2D dan 3D.

Rendering: memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.

Animasi: Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behavior  objek bergantung waktu .

Pemodelan Geometris

• Transformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu komputer :

– Shape/bentuk
– Posisi
– Orientasi  (cara pandang)
– Surface Properties / Ciri-ciri Permukaan (warna, tekstur)
– Volumetric Properties / Ciri-ciri volumetric (ketebalan/pejal, penyebaran cahaya)
– Lights/cahaya (tingkat terang, jenis warna)
– Dan lain-lain .

• Pemodelan Geometris yang lebih rumit :
– Jala-Jala segi banyak: suatu koleksi yang besar darisegi bersudut banyak, dihubungkan satu sama lain.
– Bentuk permukaan bebas: menggunakan fungsi polynomial tingkat rendah.
– CSG: membangun suatu bentuk dengan menerapkan operasi boolean pada bentuk yang primitif.

sumber: 




Komentar