Mengonversi Gambar Menjadi PDF di Terminal Linux

Wah senang sekali rasanya menemukan hal-hal baru lagi. Mungkin bagi yang lain ini bukan hal yang baru. Sebelumnya saya berpikir caranya mengonversi berkas gambar menjadi berkas PDF di Linux. Langsung saja saya buka manajer paket synaptic yang ada di distribusi linux yang saya gunakan ( Linux Mint 13 based 12.04 LTS )

Kemudian saya cari dengan kata kunci " image to pdf " di isian pencarian dan muncul banyak sekali paket yang berkaitan dengan kata kunci tersebut. Saya pilih-pilih dan lihat deskripsinya, akhirnya ada satu perkakas yang membuat saya tertarik untuk mencobanya. Namanya sam2p. Perkakas tersebut digunakan pada terminal Linux layaknya pdftk yang pernah saya tulis sebelumnya.


Untuk melihat format apa saja yang didukung oleh perkakas ini, ketik sam2p --help pada terminal Linux .

Setelah terpasang, saya ingin mengonversi gambar hasil pemindaian berformat jpg yang diubah menjadi berkas pdf. Berikut ini hasilnya seperti pada video berikut.



Selamat mencoba dan semoga bemanfaat :)

Komentar