Kamis, 18 November 2010

Menggunakan Modul Matematika di Ruby bag.2

include Math,digunakan untuk meng-import isi module Math.

class Matematika def trigonometri(x) print"masukan data satuan derajat : ",x," derajat \n" a= Math.sin(x*Math::PI/180) b= Math.cos(x*Math::PI/180) c= Math.tan(x*Math::PI/180) print"Hasil sin ",x," : ",a,"\n" print"Hasil cos ",x," : ",b,"\n" print"Hasil tan ",x," : ",c,"\n" end end


Pada potongan program di atas, nama class adalah Matematika, def trigonometri(x) adalah pendeklarasian fungsi dengan nama fungsi trigonometri, x ialah variable yang digunakan dalam perhitungan trigonometri yang nilainya harus diinput dan nilai tersebut akan menjadi nilai balik untuk variable x. Mencetak tulisan masukan data satuan derajat : beserta nilai dari variable x dan mencetak tulisan derajat dalam satu baris, sedangkan \n digunakan untuk beralih ke baris baru setelah mencetak tulisan masukan data satuan derajat : beserta nilai dari variable x dan mencetak tulisan derajat . Kemudian memproses nilai variable x dimasukkan ke rumus dibawah.

a= Math.sin(x*Math::PI/180) b= Math.cos(x*Math::PI/180) c= Math.tan(x*Math::PI/180)


Pada rumus tersebut ada perintah Math.sin, Math.cos,dan Math.tan. Untuk perintah Math.sin digunakan untuk memproses agar menghasilkan nilai sin, begitu juga untuk perintah Math.cos dan Math.tan , dimana masing-masing perintah tersebut digunakan untuk memproses agar menghasilkan nilai cos dan nilai tangent, sedangkan Math::PI mengacu pada nilai phi yakni 3,14.

Setelah hasil didapat, kemudian hasil tersebut dicetak, dengan perintah berikut:

print"Hasil sin ",x," : ",a,"\n" print"Hasil cos ",x," : ",b,"\n" print"Hasil tan ",x," : ",c,"\n"


Dari perintah di atas akan menghasilkan atau mencetak tulisan Hasil sin beserta nilai variable x kemudian mencetak titik dua( : ) dan pindah baris ke baris selanjutnya, begitu juga dengan perintah pencetakan selanjutnya.

Pada potongan program di atas, ada tulisan end

di akhir potongan program tersebut, yang digunakan untuk menutup def trigonometri(x) dan end terakhir untuk menutup class Matematika.

class Matematika def trigonometri(x) #statement end end

class Logakar def logaritma_akar(y) print"masukan sebuah nilai : ",y,"\n" d= Math.log10(y) e= Math.sqrt(y) print"Hasil log^10 : ",d,"\n" print"Hasil akar : ",e,"\n" end end x=gets.to_i y=gets.to_i logaritmaakar=Logakar.new() logaritmaakar.trigonometri(x) logaritmaakar.logaritma_akar(y)


Pada lanjutan program trigonometri dari potongan program sebelumnya nama class-nya adalah Logakar dimana class Logakar adalah turunan dari class Matematika, kemudian def logaritma_akar(y), dimana nama fungsinya adalah logaritma_akar dan y adalah variable yang nilainya harus diinput. Lalu mencetak tulisan masukan sebuah nilai : beserta nilai dari variable y yang telah diinput dalam satu baris dan setelah itu langsung ke baris selanjutnya. Selanjutnya adalah memproses untuk mendapatkan hasil dari proses log10 dan akar, kemudian mencetak tulisan Hasil log^10 : beserta nilai hasil proses penghitungannya kemudian pindah baris, lalu mencetak tulisan Hasil akar : dan nilai hasil proses penghitungannya lalu pindah baris dan ditutup dengan end pertama untuk def dan end kedua untuk menutup class.
Perintah x=gets.to_i y=gets.to_i untuk melakukan input nilai berupa float.

logaritmaakar=Logakar.new() logaritmaakar.trigonometri(x) logaritmaakar.logaritma_akar(y)


Pada perintah diatas, perintah logaritmaakar=Logakar.new() digunakan untuk membuat objek baru yang bernama logaritmaakar. Pada perintah logaritmaakar.trigonometri(x), digunakan untuk menjalankan atau mengeksekusi fungsi trigonometri(x) dan perintah logaritmaakar.logaritma_akar(y), untuk mengeksekusi fungsi logaritma_akar(y).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar