Cara Penginstalan Bahasa Pemrograman BAIK di Linux Ubuntu


  1. Buka terminal atau konsole kemudian ketikan “ sudo tar xvfz baik_ubuntu_lnx_060.tar.gz -C /usr/local “ tanpa tanda petik dan enter, tunggu pengekstrakan selesai ( pastikan paket baik_ubuntu_lnx_060.tar.gz berada di home folder).



2. Ketikan “sudo su” untuk menjadi super user, kemudian tambahkan tempat direktori BAIK dalam varaibel PATH ,dengan mengetikan “PATH=$PATH:/usr/local/baik_ubuntu_lnx_060” kemudian ketikan “export PATH”,langkah selanjutnya ketik perintah di bawah ini dan konfirmasikan ada /usr/local/ baik_ubuntu_lnx_060 dalam variable PATH: “env | grep PATH”.

3.
Salin/kopi semua file pustaka yang ada pada direktori "pustaka" di tempat penginstalan (/usr/local/baik_ubuntu_lnx_060/pustaka ke /usr/local/lib). Pertama buka terminal baru kemudian ketikan “ sudo nautilus ”, lalu akan muncul window baru, lalu masuk ke /usr/local/baik_ubuntu_lnx_060/pustaka salin semua file kemudian masuk ke /usr/local/lib lalu paste-kan. Kemudian tutup window tersebut.

4. Tambahkan tempat library dalam variabel LD_LIBRARY_PATH dengan mengetikan “export LD_LIBRARY_PATH=$LD_LIBRARY_PATH:/usr/local/lib: “ dan "export LD_LIBRARY_PATH=/usr/local/lib ". Ketik BAIK dan konfirmasikan perintah bisa dijalankan tanpa ada salah. Dengan cara masuk ke usr/local/baik_ubuntu_lnx_060, ketikan “cd usr/local/baik_ubuntu_lnx_060”. Langkah terakhir ketikan “ ./baik “ .
5. Selesai, selamat mencoba, jika ada kesulitan silakan baca petunjuk pemakaiannya di paketnya.

Contoh:
Sumber:
Baik Programming Language
FB Group: BAIK Bahasa Komputer Indonesia

Komentar