Mudahnya Berbagi ,Mengunggah, Mengunduh ,dan Menyimpan Berkas Menggunakan Dropbox

Setiap orang di antara kita pasti punya berkas-berkas yang banyak di komputer ataupun di notebook kita , seperti berkas tugas, berkas proyek, berkas musik mp3, video, dan lain sebagainya. Tapi, kita pasti sering was-was dengan keamanan berkas-berkas kita tersebut di komputer ataupun di notebook kita karena takut hilang ataupun tidak sengaja kita menghapusnya padahal berkas tersebut sangat berharga bagi kita.

Untuk mengatasinya, kita dapat menyimpan berkas-berkas kita ke situs media penyimpanan seperti rapidshare, mediafire, 4shared, ziddu dan lain sebagainya. Namun, pada situs media penyimpanan tersebut tidak memudahkan seseorang untuk mengunduh berkas, karena setiap kali seseorang ingin melakukan mengunduh berkas harus menunggu untuk beberapa saat, ini terjadi karena kita hanya sebagai free user. Untuk alternatifnya kita dapat menggunakan dropbox sebagai tempat kita menyimpan, berbagi berkas , mengunggah, dan mengunduh berkas kita, untuk mengunduh berkas yang telah disimpan di dropbox, kita tidak akan menunggu untuk mengunduh berkas tersebut, caranya hanya tinggal klik tautan dari berkas tersebut .

Pasti di antara kamu bertanya, caranya bagaimana? OK, kita langsung saja bagaimana cara menggunakan dropbox ini.

Jika kamu belum mempunyai akun dari dropbox, maka kamu harus melakukan registrasi di dropbox terlebih dahulu, untuk melakukannya dapat mengunjungi langsung ke situs dropbox di sini . Setelah mengisi form, lalu ceklis agreement-nya kemudian tekan tombol create account. Kuota yang kalian dapatkan adalah 2GB untuk free user.

Form registrasi dropbox


Setelah selesai membuat akun baru ,kemudian teman-teman memasang client dari dropbox untuk memudahkan proses sinkronisasi berkas-berkas kamu yang berada di folder dropbox ke akun teman-teman yang ada di web. Untuk mengunduh client ,kamu bisa memilih sesuai dengan platform sistem operasi yang kamu gunakan. Platform yang tersedia di dropbox adalah platform Mac, Windows ,Linux, dan Mobile (iPhone, iPad, Android, dan Blackberry).

Unduh Client Dropbox Platform Mac .

Unduh Client Dropbox Platform Windows .

Unduh Client Dropbox Platform Linux berdasarkan distribusinya dan kompilasi dari sumber .

Unduh Client Dropbox Platform Mobile (iPhone, iPad, Android, dan Blackberry) .

Setelah mengunduh client dropbox, kemudian kita pasang di sistem operasi yang kita gunakan. Ikuti langkah-langkah yang ada di installer dari client dropbox tersebut, jika kamu ditanyakan sudah mempunyai akun dropbox atau belum, kamu pilih yang sudah , karena sebelumnya kamu sudah membuat akun terlebih dahulu sebelum melakukan pemasangan client dari dropbox. Untuk memudahkan , lebih baik penempatan folder dropbox mengikuti default dari installer dropbox saja. Jika telah selesai kamu sekarang sudah bisa menggunakannya. Untuk di Linux bisa lihat tulisan saya yang ini.











Untuk menyimpan berkas dapat meng-kopi-kan atau memindahkannya langsung ke dalam folder dropbox, selama notebook atau komputer kamu terhubung dengan internet maka dropbox akan melakukan sinkronisasi dengan akun kamu yang ada di web dan melakukan penduplikasian berkas kamu yang kemudian disimpan ke akun kamu yang ada di web.

Terus caranya untuk berbagi tautan berkas yang ingin dibagi-bagikan gimana?

OK, caranya mudah. kamu tinggal memindahkan berkas kamu yang ingin dibagi-bagikan ke orang lain tapi cara ini hanya satu tautan saja pada berkas yang ingin dibagikan, tidak untuk semua berkas yang ada di dalam folder .

Caranya , pindahkan berkas yang ingin dibagikan ke orang lain ke dalam folder public yang berada di dalam folder dropbox, kemudian akan terjadi proses sinkronisasi ke akun di web, jika sinkronisasi selesai pada berkas tersebut akan ada tanda ceklis hijau. Untuk membagi-bagikan tautan dari berkas tersebut, kamu tinggal klik kanan pada berkas yang ingin dibagikan ke orang lain, kemudian pilih dropbox lalu pilih copy public link. Nah, sekarang kamu bisa membagi-bagikan berkas tersebut ke orang lain. Lihat gambar dibawah ini.

Copy Public Link dropbox di Linux yang saya gunakan

NOTE: Untuk pengguna sistem operasi windows , caranya sama seperti pada tulisan diatas, yang membedakan hanya tempat default dari folder dropbox. Pada windows XP, default-nya berada di My Documents.

Untuk cara berbagi berkas yang lainnya ada di sini.

Semoga Bermanfaat :)

Komentar

  1. nice info....!!!!
    artinya, klo yg mau d kirimin/Berbagi file mesti d install "Dropbox" dulu sblm mengirim yaa??? nga bisa langsung kirim k kompi satu k kompi lainnya....

    satu lagi, klo Liux sama aja kan yaa?????

    BalasHapus
  2. Sebenarnya tanpa aplikasi klien pun kita bisa berbagi file, tapi harus masuk ke akun kita terlebih dahulu. Untuk mudahnya lebih baik pasang klien-nya. Di linux, sama saja kok caranya. Saya pakai di linux .

    BalasHapus

Posting Komentar