Alat-Alat dan Perangkat Lunak Pengembangan Game serta Perbandingannya

Pastinya Anda pernah memainkan game, tapi sekarang banyak orang yang telah merubah cara pandang terhadap game, tak sekedar memainkannya saja tapi mereka memikirkan bagaimana sih game itu dibuat dan memakai tools dan perangkat lunak apa saja?. Saat ini saya akan menulis sedikit tentang alat dan perangkat lunak yang digunakan untuk pengembangan sebuah game.

Adobe Flash
Perangkat lunak Adobe Flash (dulu Macromedia Flash),  Perangkat lunak ini bisa kita manfaatkan untuk membuat sebuah game sederhana maupun game yang cukup sulit. Banyak game yang dibuat dengan perangkat lunak flash ini, mungkin Anda pernah memainkan game di sosial media Facebook, nah hampir semua game yang ada di Facebook berbasis flash,untuk memainkannya dibutuhkan tools lagi yakni flash player untuk menjalankannya.

Adobe Flash ini bisa digunakan oleh orang yang belum mahir dalam pembuatan game sekalipun namun dengan tuntunan dari sebuah tutorial , workshop ,ataupun kursus. Untuk membuat sebuah objek karakter dalam pembuatan game flash ini, kita membuatnya perbagian ,misalnya objek karakter burung ,dimana pada objek tersebut terdapat 3 bagian: 1. bagian kepala, 2. badan+sayap+kaki ,3. ekor belakang. Dari setiap bagian tersebut kemudian digabung menjadi satu kesatuan dan kemudian kita atur frame per frame untuk membuat animasinya. Agar objek dapat melakukan aksi,kita buat sebuah skrip pada objek tersebut dengan menggunakan bahasa pemrograman ActionScript. Perangkat lunak ini sifatnya closed source dan propietary.

PyGame 
Perangkat lunak ini bisa kita manfaatkan untuk membuat sebuah game. PyGame sudah mendukung banyak platform bahkan ada di platform mobile seperti Android dan Maemo Nokia. Untuk membuat game dengan PyGame ini kita menggunakan bahasa pemrograman Python yang dibuat oleh Guido van Rossum. Dalam pembuatan game dengan perangkat lunak ini benar-benar full coding , jadi untuk pemula agak sulit dan harus mempelajari kode-kode program bahasa pemrograman Python terlebih dahulu. PyGame ini adalah perangkat lunak yang sifatnya open source sama seperti Python. Sudah banyak game yang dibuat dengan Pygame ini.

Sumber: pygame.org , python.org , adobe.com

Komentar

  1. tutor buat bkin game pake pygame ad gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tutor bikin game pake pygame ane gak ada. klo ebook ada gan, ane cari di google ( beginning game development with python and pygame )dan invent python, untuk video ada di youtube http://www.youtube.com/course?list=EC8E21BDD0981FDF66

      Hapus

Posting Komentar