Langsung ke konten utama

Penamaan Daerah di Jepang

Setiap negara mempunyai pembagian wilayah atau daerah masing-masing dan penyebutannya. Seperti halnya Indonesia yang berbentuk negara Kepulauan terbesar di dunia yang memiliki 17.000 pulau, Jepang juga berbentuk negara kepulauan yang memiliki kesamaan dengan Indonesia, sama-sama dilewati " ring of fire ". Bedanya, Jepang memiliki 4 musim dan memiliki lebih banyak provinsi dibandingkan dengan Indonesia. Ada hal yang istimewa dari salah satu daerah di Jepang, yaitu daerah Prefektur Okinawa. Di sana suhu udaranya tidak seperti daerah di Kepulauan utama Jepang, karena daerah Okinawa dekat dengan daerah tropis.

Jepang memiliki 47 Provinsi yang disebut juga dengan Prefektur. Misalnya Prefektur Kanagawa. Setiap prefektur mempunyai macam-macam penamaan, seperti "-ken", "-to", "-fu", dan "-do". Contohnya : Kanagawa-ken, Tokyo-to, Osaka-fu, dan wilayah paling utara Jepang yakni Hokkai-do.

Selain Prefektur, ada Kota Besar, Distrik (cuma di dalam Ibukota), dan Kota. Untuk daerah Tokyo, mencakup Prefektur, Distrik, dan Kota sekaligus.

Penamaan daerah berakhiran "-ku " adalah Distrik, salah satu unit administrasi. "-ku" terletak di dalam Prefektur atau kota besar. Misalnya, di dalam Tokyo-to terdapat daerah "-ku" sebanyak 23 daerah, seperti Minato-ku dan Shibuya-ku. Contohnya dalam penulisan sebuah alamat kantor di Jepang, seperti berikut: 5-7-1, Kota xxxx, Shibuya-ku, Tokyo-to, Jepang.

Semoga tulisan ini dapat menambah pemahaman tentang penamaan daerah di Jepang. Tulisan ini adalah hasil dari tanya jawab saya dengan seorang teman yang berkewarganegaraan Jepang yang pernah ke Indonesia melalui salah satu sosial media.

Terima kasih untuk teman Jepang saya.

Semoga Bermanfaat :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lokasi untuk Legalisasi Copy Akreditasi Jurusan di BAN PT

Untuk melegalisir akreditasi BAN-PT, bawa KTP untuk mendapatkan visitor pass di Lobby di frontdesk, kemudian menuju ke lift yang ada di sebelah kanan.Di Lantai 17, temui dulu petugas keamanan dan bilang mau legalisir copy akreditasi.

Terkait copy-an Sertifikat/Surat Keterangan Akreditasi BANPT bisa diminta kepada Perguruan Tinggi terkait dikarenakan Hasil Surat Keputusan Akreditasi BANPT dan Sertifikat kami serahkan ke Perguruan Tinggi.
Terkait legalisir silahkan membawa:

1. Copy Sertifikat/Surat Keputusan BAN-PT sesuai prodi/institusi Saudara
2. SKL/Ijazah prodi (hanya menunjukan ke pihak bagian legalisir)

Untuk jam operasional layanan legalisir pada:

Senin, Selasa, Rabu pk. 09:00 s.d 16:00
Kamis pk 09:00 s.d 12:00

Alamat:
Gedung II Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Lt, 17.
Jl. M.H. Thamrin 8, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat. 10340.


sumber : Sekretariat BANPT

Mudahnya Membeli LM di Butik Emas Logam Mulia ANTAM Unit Sarinah

Udah lama banget nih gak nulis blog lagi. Sekarang baru punya ide buat nulis lagi. Kali ini, saya ingin berbagi pengalaman membeli logam mulia di Butik Emas LM unit Sarinah.


Setelah sekian lama nabung dan punya budget buat beli, akhirnya saya beli juga.😄

Waktu itu datang ke lokasi sekitaran jam 1 siang hampir menjelang tutup, karena waktu itu hari sabtu dan pas ada event promo harga pabrik (re: harga pabrik Pulogadung).


Oiya, untuk jam operasionalnya bisa dilihat di website resminya disini. Buat yang di luar daerah yang tidak ada Butik LM bisa delivery order lhoh, jadi mudah kan, disini. Oiya, sebelum beli pastiin dulu update harga terbaru untuk hari dimana kamu mau beli ya, soalnya harga bisa berubah sewaktu-waktu dan stok juga bisa berubah. Jadi, dipastikan dulu ya, kalo saya waktu itu langsung ke lokasi aja.😅

Kita balik lagi ke topik, pas masuk ke butik, kamu bakalan disambut oleh petugas keamanan internal butik LM-nya lhoh, oiya demi menjaga keamanan di situ, waktu saya kesana ada p…

[Belajar JavaFX] Membuat Program Form Login Sederhana dengan JavaFX dan CSS di Netbeans

Sebelum membuat program form login sederhana ini yang dibuat dengan bahasa pemrograman Java, terlebih dahulu kita memasang peralatan yang dibutuhkan. Saya menggunakan IDE Netbeans 8.0.2 versi All yang didalamnya sudah memasukan banyak dukungan termasuk JavaFX dan JDK 1.8.0 update 25 ( sudah termasuk JRE dan untuk saat ini sudah termasuk JavaFX ).
Membuat Project di Netbeans  Klik FileNew Project. Pada bagian Categories, pilih JavaFX dan pada bagian Projects pilih JavaFX ApplicationsNext. Kemudian masukan nama proyeknya dan pastikan JDK sudah dipasang.Project Name : FormFXExampleKlik Finish.Buatlah kode  didalam file FormFXExample.java seperti berikut.


Setelah membuat FormFXExample.java, kemudian kita buat file baru dengan nama CSSExample.java didalam folder formfxexample. Cara untuk membuat file baru tersebut dengan cara klik kanan pada formfxexample yang berada dibawah Source Packages → New → Other → pilih Categories ( JavaFX ) dan Filetypes ( JavaFX Main Class ) → Next.Cla…