Syarat Menjadi Tipe Orang yang Bisa Maju dan Berkembang

Dalam buku best seller yang berjudul Misteri DNA (asli: Jinsei no Ango) karya Kazuo Murakami, beliau menyebutkan syarat-syarat tipe orang yang bisa maju dan berkembang. Syarat-syaratnya menurut beliau adalah sebagai berikut.

Syarat pertama tipe orang yang potensial yaitu "bisa menekuni suatu hal". Jika berkutat pada sesuatu, ia mampu menenggelamkan diri tanpa menoleh kanan kiri. Ia memikirkan apa yang sedang dikerjakannya saja dan acuh pada yang terjadi di sekelilingnya. Orang yang berdedikasi sepenuh hati semacam ini mampu berkembang.

Selanjutnya, orang yang memiliki ketahanan melanjutkan sesuatu. Setekun apa pun, jika tidak berlanjut, akan sulit mencapai keberhasilan. Orang yang terus memikirkan pekerjaannya, saat tidur maupun terjaga, merupakan tipe orang yang bisa berkembang.

Tidak jarang ada kisah orang genius yang mendapatkan ilham secara tiba-tiba. Syarat utama datangnya ilham ini adalah terus memikirkannya "saat tidur, maupun terjaga". Ini merupakan syarat kedua. Namun, berpikir "saat tidur, maupun terjaga" tidak akan berhasil selama kita menyadari sedang memikirkan hal itu. Jika kita telah sampai pada tahap memikirkan hal tersebut tanpa menyadarinya, jawabannya akan muncul tiba-tiba tanpa pertanda.

Syarat ketiga yaitu berpikiran terbuka dan bebas, tidak terikat pada aturan maupun pengetahuan yang berlaku.

Sumber    : Buku Misteri DNA
Penulis     : Kazuo Murakami
Penerbit  : Gramedia Pustaka Utama
Halaman : 68 - 69

Komentar