Konfigurasi Apache2 untuk Menjalankan Skrip Python dengan CGI di Linux Mint 17 / Ubuntu 14.04 LTS

Sebelum memulai melakukan pengaturan konfigurasi pada Apache web server, terlebih dahulu harus memasang Apache web server. Pemasangan bisa dilakukan dengan melalui Synaptic Package Manager atau melalui terminal ( command line). 

*Pastikan komputer tersambung dengan jaringan internet.

Pemasangan Apache2 Web Server via Synaptic Package Manager
  • Buka Synaptic  Package Manager dan carilah Apache2.
  • Pilih pada kotak disamping Apache2 dan pilih Mark for Installation.
  • Pilih Apply, tunggu sampai proses mengunduh dan pemasangan selesai.
Pemasangan Apache2 Web Server via Terminal

  • Buka terminal kemudian ketikan perintah sudo apt-get install apache2 kemudian enter. Masukan password yang kamu gunakan pada komputermu. Tunggu sampai proses mengunduh dan memasang selesai.
sudo apt-get install apache2
Setelah memasang Apache2, kini saatnya memulai konfigurasi Apache. Berkas konfigurasi yang akan diedit adalah berkas apache2.conf yang ada di /etc/apache2. Untuk memudahkan pengeditan, sebaiknya menggunakan Terminal untuk pindah direktori.

  1. Untuk mengedit berkas apache2.conf ketikan perintah berikut.
sudo gedit /etc/apache2/apache2.conf
*Keterangan : gedit adalah aplikasi text editor, masing-masing distribusi Linux menggunakan aplikasi text editor yang berbeda, jadi tergantung distribusi Linux yang kamu gunakan.

  • Pada text editor carilah bagian , kemudian tambahkan ExecCGI pada baris terakhir dari Options Indexes FollowSymLinks.
  • Setelah menambahkan ExecCGI, kemudian buat baris baru tepat berada dibawah baris ExecCGI dan tambahkan AddHandler cgi-script .py .
Gambar 1. apache2.conf

  • Simpan dan kembali ke Terminal. Kemudian mengaktifkan modul CGI dengan mengetikan sudo a2enmod cgi. Apabila modul tersebut tidak diaktifkan, maka berkas skrip python tidak dapat dijalankan di web browser.
sudo a2enmod cgi
  • Restart Apache2 Web Server
sudo service apache2 restart
Konfigurasi selesai. Untuk uji coba, buat sebuah berkas skrip python yang simpan pada direktori html yang berada di /var/www. Untuk mudahnya, kita masih menggunakan Terminal.

  1. sudo touch /var/www/html/hello.py
  2. sudo chmod 777 /var/www/html/hello.py
  3. sudo gedit /var/www/html/hello.py

    
Gambar 2. hello.py
 *Keterangan: 
  1. touch adalah perintah untuk membuat file.
  2. chmod adalah perintah untuk mengubah hak akses dari suatu berkas, 777 adalah tanda untuk hak akses (7 = 4 + 2 + 1, dimana 4 adalah read, 2 adalah write, 1 adalah execute. 777 memiliki arti 7 untuk user, 7 untuk group dan 7 untuk other)
  3. sudo adalah perintah untuk menjadi administrator untuk mengakses sistem berkas.
Setelah membuat berkas skrip python, saatnya menguji coba pada browser. Buka browser dan ketik pada url, yakni localhost/hello.py , jika berhasil maka akan muncul seperti gambar di bawah.

Gambar 4. browser
Selamat Mencoba

Komentar