Langsung ke konten utama

Konfigurasi Apache2 untuk Menjalankan Skrip Python dengan CGI di Linux Mint 17 / Ubuntu 14.04 LTS

Sebelum memulai melakukan pengaturan konfigurasi pada Apache web server, terlebih dahulu harus memasang Apache web server. Pemasangan bisa dilakukan dengan melalui Synaptic Package Manager atau melalui terminal ( command line). 

*Pastikan komputer tersambung dengan jaringan internet.

Pemasangan Apache2 Web Server via Synaptic Package Manager
  • Buka Synaptic  Package Manager dan carilah Apache2.
  • Pilih pada kotak disamping Apache2 dan pilih Mark for Installation.
  • Pilih Apply, tunggu sampai proses mengunduh dan pemasangan selesai.
Pemasangan Apache2 Web Server via Terminal

  • Buka terminal kemudian ketikan perintah sudo apt-get install apache2 kemudian enter. Masukan password yang kamu gunakan pada komputermu. Tunggu sampai proses mengunduh dan memasang selesai.
sudo apt-get install apache2
Setelah memasang Apache2, kini saatnya memulai konfigurasi Apache. Berkas konfigurasi yang akan diedit adalah berkas apache2.conf yang ada di /etc/apache2. Untuk memudahkan pengeditan, sebaiknya menggunakan Terminal untuk pindah direktori.

  1. Untuk mengedit berkas apache2.conf ketikan perintah berikut.
sudo gedit /etc/apache2/apache2.conf
*Keterangan : gedit adalah aplikasi text editor, masing-masing distribusi Linux menggunakan aplikasi text editor yang berbeda, jadi tergantung distribusi Linux yang kamu gunakan.

  • Pada text editor carilah bagian , kemudian tambahkan ExecCGI pada baris terakhir dari Options Indexes FollowSymLinks.
  • Setelah menambahkan ExecCGI, kemudian buat baris baru tepat berada dibawah baris ExecCGI dan tambahkan AddHandler cgi-script .py .
Gambar 1. apache2.conf

  • Simpan dan kembali ke Terminal. Kemudian mengaktifkan modul CGI dengan mengetikan sudo a2enmod cgi. Apabila modul tersebut tidak diaktifkan, maka berkas skrip python tidak dapat dijalankan di web browser.
sudo a2enmod cgi
  • Restart Apache2 Web Server
sudo service apache2 restart
Konfigurasi selesai. Untuk uji coba, buat sebuah berkas skrip python yang simpan pada direktori html yang berada di /var/www. Untuk mudahnya, kita masih menggunakan Terminal.

  1. sudo touch /var/www/html/hello.py
  2. sudo chmod 777 /var/www/html/hello.py
  3. sudo gedit /var/www/html/hello.py

    
Gambar 2. hello.py
 *Keterangan: 
  1. touch adalah perintah untuk membuat file.
  2. chmod adalah perintah untuk mengubah hak akses dari suatu berkas, 777 adalah tanda untuk hak akses (7 = 4 + 2 + 1, dimana 4 adalah read, 2 adalah write, 1 adalah execute. 777 memiliki arti 7 untuk user, 7 untuk group dan 7 untuk other)
  3. sudo adalah perintah untuk menjadi administrator untuk mengakses sistem berkas.
Setelah membuat berkas skrip python, saatnya menguji coba pada browser. Buka browser dan ketik pada url, yakni localhost/hello.py , jika berhasil maka akan muncul seperti gambar di bawah.

Gambar 4. browser
Selamat Mencoba

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lokasi untuk Legalisasi Copy Akreditasi Jurusan di BAN PT

Untuk melegalisir akreditasi BAN-PT, bawa KTP untuk mendapatkan visitor pass di Lobby di frontdesk, kemudian menuju ke lift yang ada di sebelah kanan.Di Lantai 17, temui dulu petugas keamanan dan bilang mau legalisir copy akreditasi.

Terkait copy-an Sertifikat/Surat Keterangan Akreditasi BANPT bisa diminta kepada Perguruan Tinggi terkait dikarenakan Hasil Surat Keputusan Akreditasi BANPT dan Sertifikat kami serahkan ke Perguruan Tinggi.
Terkait legalisir silahkan membawa:

1. Copy Sertifikat/Surat Keputusan BAN-PT sesuai prodi/institusi Saudara
2. SKL/Ijazah prodi (hanya menunjukan ke pihak bagian legalisir)

Untuk jam operasional layanan legalisir pada:

Senin, Selasa, Rabu pk. 09:00 s.d 16:00
Kamis pk 09:00 s.d 12:00

Alamat:
Gedung II Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Lt, 17.
Jl. M.H. Thamrin 8, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat. 10340.


sumber : Sekretariat BANPT

[Belajar JavaFX] Membuat Program Form Login Sederhana dengan JavaFX dan CSS di Netbeans

Sebelum membuat program form login sederhana ini yang dibuat dengan bahasa pemrograman Java, terlebih dahulu kita memasang peralatan yang dibutuhkan. Saya menggunakan IDE Netbeans 8.0.2 versi All yang didalamnya sudah memasukan banyak dukungan termasuk JavaFX dan JDK 1.8.0 update 25 ( sudah termasuk JRE dan untuk saat ini sudah termasuk JavaFX ).
Membuat Project di Netbeans  Klik FileNew Project. Pada bagian Categories, pilih JavaFX dan pada bagian Projects pilih JavaFX ApplicationsNext. Kemudian masukan nama proyeknya dan pastikan JDK sudah dipasang.Project Name : FormFXExampleKlik Finish.Buatlah kode  didalam file FormFXExample.java seperti berikut.


Setelah membuat FormFXExample.java, kemudian kita buat file baru dengan nama CSSExample.java didalam folder formfxexample. Cara untuk membuat file baru tersebut dengan cara klik kanan pada formfxexample yang berada dibawah Source Packages → New → Other → pilih Categories ( JavaFX ) dan Filetypes ( JavaFX Main Class ) → Next.Cla…

[Belajar JavaFX] Membuat Aplikasi Sederhana yang Menggunakan Database MySQL

Kali ini saya menulis tutorial untuk membuat aplikasi sederhana yang menggunakan database MySQL. Tutorial ini adalah hasil modifikasi dari tutorial Crud JavaFX. Pada blog tersebut, aplikasi dibuat dengan menggunakan bantuan aplikasi SceneBuilder, komponen-komponen atau yang lebih dikenal sebagai UI Controls dapat diseret atau drag and drop ke alas atau pane yang disediakan. Pane yang disediakan juga dapat diganti. Namun, kali ini saya memodifikasi aplikasi tersebut dengan cara manual yakni dengan menuliskan baris kode tanpa menggunakan aplikasi SceneBuilder.
MEMBUAT DATABASE Sebelum membuat aplikasinya, kita buat dahulu databasenya. Saya memberikan nama universitas untuk nama databasenya dan mhs untuk nama tabelnya. Buat tabelnya dengan struktur seperti gambar berikut.
Untuk membuat database universitas gunakan perintah berikut. create database nama_database; catatan: nama_database diganti dengan universitas.
Untuk memilih database yang sudah dibuat, gunakan perintah berikut. use nama_d…