Langsung ke konten utama

[Belajar JavaFX] Membuat Aplikasi Penghitungan Tegangan Sekunder dan Kuat Arus Sekunder pada Transmormer / Transformator dengan JavaFX

Kali ini saya, membuat tulisan untuk membuat suatu aplikasi sederhana dengan JavaFX 8 dan Library ControlsFX untuk Dialog-nya. Mungkin ada pertanyaan, kenapa saya membuatnya dengan menggunakan JavaFX?, JavaFX lebih mudah untuk dikustomisasi pada tampilannya dengan menggunakan CSS (Cascading Style Sheet) dan juga bisa dikombinasi dengan Javascript Nashorn, selain itu juga ada interoperabilitas dengan Swing, serta bisa di-deploy ke dalam bentuk banyak binary file yang disebut self-contained application

Dalam self-contained application bisa langsung digunakan, karena sudah termasuk dengan JRE yang dimasukan ke dalam paket. Self-contained application ini bisa berupa binary image, dmg installer, msi installer, exe installer, deb installer, rpm installer. Untuk msi dan exe installer membutuhkan aplikasi pihak ketiga seperti WiX atau Inno Setup. Untuk deb dan rpm installer tergantung pada distribusi sistem operasi Linux yang digunakan. Deb installer misalnya bisa dibuat di Ubuntu, Linux Mint, dan turunan Ubuntu / Debian. Begitu pula dengan rpm installer. Aplikasi yang dibuat dengan JavaFX juga dapat di-porting ke Android dan Apple iOS dengan menggunakan JavaFXPorts.

Aplikasi yang akan saya buat adalah aplikasi untuk menghitung tegangan sekunder dan kuat arus sekunder pada transformator. 

Buat proyek JavaFX Application pada Netbeans dengan nama proyek TransformatorCalcFX. Buka file TransformatorCalcFX.java yang telah dibuat kemudian tulis kode programnya seperti kode program berikut.




Setelah membuat tampilan, lalu percantik tampilan program dengan CSS (Cascading Style Sheet) yang ditempatkan pada pada paket baru. Untuk membuat paket baru caranya klik kanan pada node Source Packages → New → Java Package .. , beri nama assets. Setelah membuat paket baru, kemudian buat file CSS di paket assets dengan cara klik kanan pada node paket assets → New → Other , muncul dialog yang berisi Categories dan File Types, pilih Other pada Categories dan pilih Cascading Style Sheet pada File Types, beri nama file dengan transformatorFX.css .

Buka file transformatorFX.css yang telah dibuat kemudian tulis kode programnya seperti kode program berikut.


Setelah semua selesai, lalu dijalankan untuk uji coba.

Hasil



Selamat Mencoba.

Source code

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Belajar JavaFX] Membuat Aplikasi Sederhana yang Menggunakan Database MySQL

Kali ini saya menulis tutorial untuk membuat aplikasi sederhana yang menggunakan database MySQL. Tutorial ini adalah hasil modifikasi dari tutorial Crud JavaFX. Pada blog tersebut, aplikasi dibuat dengan menggunakan bantuan aplikasi SceneBuilder, komponen-komponen atau yang lebih dikenal sebagai UI Controls dapat diseret atau drag and drop ke alas atau pane yang disediakan. Pane yang disediakan juga dapat diganti. Namun, kali ini saya memodifikasi aplikasi tersebut dengan cara manual yakni dengan menuliskan baris kode tanpa menggunakan aplikasi SceneBuilder.
MEMBUAT DATABASE Sebelum membuat aplikasinya, kita buat dahulu databasenya. Saya memberikan nama universitas untuk nama databasenya dan mhs untuk nama tabelnya. Buat tabelnya dengan struktur seperti gambar berikut.
Untuk membuat database universitas gunakan perintah berikut. create database nama_database; catatan: nama_database diganti dengan universitas.
Untuk memilih database yang sudah dibuat, gunakan perintah berikut. use nama_d…

[Belajar JavaFX] Membuat Program Form Login Sederhana dengan JavaFX dan CSS di Netbeans

Sebelum membuat program form login sederhana ini yang dibuat dengan bahasa pemrograman Java, terlebih dahulu kita memasang peralatan yang dibutuhkan. Saya menggunakan IDE Netbeans 8.0.2 versi All yang didalamnya sudah memasukan banyak dukungan termasuk JavaFX dan JDK 1.8.0 update 25 ( sudah termasuk JRE dan untuk saat ini sudah termasuk JavaFX ).
Membuat Project di Netbeans  Klik FileNew Project. Pada bagian Categories, pilih JavaFX dan pada bagian Projects pilih JavaFX ApplicationsNext. Kemudian masukan nama proyeknya dan pastikan JDK sudah dipasang.Project Name : FormFXExampleKlik Finish.Buatlah kode  didalam file FormFXExample.java seperti berikut.


Setelah membuat FormFXExample.java, kemudian kita buat file baru dengan nama CSSExample.java didalam folder formfxexample. Cara untuk membuat file baru tersebut dengan cara klik kanan pada formfxexample yang berada dibawah Source Packages → New → Other → pilih Categories ( JavaFX ) dan Filetypes ( JavaFX Main Class ) → Next.Cla…

Membuat Program Gerbang Logika dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman BAIK 8.1

Apa itu Gerbang Logika (Logic Gate) ?

Gerbang Logika  adalah sebuah dasar blok pembangun dari sirkuit dijital. Banyak gerbang logika memiliki  dua input dan satu output, yakni nilai 0 (low) dan 1 (high) yang menggambarkan perbedaan tingkat voltase.
Ada tujuh gerbang logika dasar, yaitu:
ANDORXORNOTNANDNORXNOR Kali ini, saya menulis tentang membuat program  gerbang logika dengan menggunakan bahasa pemrograman BAIK. Mungkin di antara pembaca masih belum tahu tentang BAIK ini. BAIK ada bahasa pemrograman yang menggunakan sintaks bahasa Indonesia dan dapat diunduh di sourceforge. Bahasa pemrograman tersebut menggunakan ekstensi .ina untuk nama berkas skrip programnya. Kode sumber ada di bawah.


# program utama&menu()# fungsiFungsimenu(){perintah"clear"tulis"\t\t\t#################################\n"tulis"\t\t\t#\t\t\t\t#\n"tulis"\t\t\t#\t##################\t#\n"tulis"\t\t\t#\t# GERBANG LOGIKA #\t#\n"tulis"\t\t\t#\t##################\…